Uji Hipotesis: Proporsi Tunggal dengan SPSS

Dalam contoh ini, kita menggunakan kembali contoh yang ada pada uji hipotesis: proporsi tunggal  dalam postingan sebelumnya. Uji hipotesis untuk proporsi tunggal (binomial test dan score test) dengan menggunakan SPSS dapat dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut:

Uji Hipotesis : Proporsi Tunggal (Binomial Test)

Definisikan data pada variabel, Pintar di kodekan dengan 1= ya dan 2=tidak pada value labels dan Buat variabel freq untuk frequensinya

23

Data Variabel yang terbentuk adalah

24

Kemudian masukan data dan gunakan Freq sebagai penimbang dengan pilih data, lalu pilih weight cases

25

Pada kotak dialog weight cases, pilih weight cases by dan masukan Freq. Kemudian klik OK

26

Setalah itu Pilih analyze, kemudian pilih nonparametric test dan klik one sample

27

Selanjutnya, pada kotak dialog yang muncul pilih tab settings, kemudian customize test dan compare observed binary probabillity to hypothesized (Binomial test)

28

Pilih option pada compare observed binary probabillity to hypothesized (Binomial test).  Selanjutnya specify succes value dan masukan angka 1 karena dalam contoh ini angka 1 adalah sukses yang berarti pintar dan isikan hipotesis proporsi, yaitu 0,8

29

Kemudian klik OK dan RUN. Diperoleh output sebagai berikut

30

Dari hasil output uji binomial tersebut diperoleh signifikansi 0.322 yang berarti lebih besar dari level signifikansi 5 persen dan simpulkan terima hipotesis awal.

Uji Hipotesis : Proporsi Tunggal (Score Test)

Langkahnya hampir sama dengan binomial test, hanya berbeda pada tab setting dimana dipilih Compare observed probability to hypothesized (Chi-Square test). Kemudian klik option

31

Selanjutnya pilih Customize expected probablity dan masukan proporsi dari kategori 1 (sukses) dan 2 (tidak sukses).

32

Klik OK dan Run. Diperoleh output sebagai berikut

33

Maka didapat signifikansi 0,429 . Karena lebih besar dari tingkat signifikansi 5 persen, simpulkan terima hipotesis awal.

Referensi

Walker, R. A. (2011). Caterogical Data Analysis for Behavorial Social Science. New York: Routledge Taylor and Francis Group.

About these ads
Tagged with: , , ,
Posted in Analisis Data Kategori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: