Hubungan antara Odds Ratio dan Relative Risk

Telah berlalu pembahasan mengenai odds ratio dan relative risk pada artikel sebelumnya. Diketahui bahwa rumus untuk mencari odds ratio adalah

1b

Dari persamaan (1) dan (2) diatas dapat dicari hubungan antara odds ratio dan relative risk sehingga akan didapat persamaan

2b

Nilai dari odds ratio akan mendekati atau sama dengan relative risk jika nilai dari p1 dan p2  mendekati 0 (nol). Misalnya diketahui p1=0,0171 dan p2=0,0094, didapat nilai odds ratio sebesar 1,83 dan relative risk 1,82. Terlihat bahwa nilai odds ratio mendekati nilai relative risk dengan peluang  mendekati 0 (nol).

Rumus untuk estimasi nilai relative risk dari odd ratio juga dikemukan oleh Zhang dan Yu (1998) pada artikenya, yaitu

3b

Dimana Po adalah peluang terhadap kelompok yang tidak terekspose (unex-posed group). Jika Po mendekati 0 (nol) akan mengakibatkan penyebut mendakati satu sehingga nilai dari odds ratio akan mendekati nilai relative risk.

Dengan demikian odds ratio dapat saling menggantikan dengan relative risk jika nilai peluang yang mungkin muncul mendekati nol (biasanya kurang dari 0,1 atau 0,2) dan tidak dimungkinkan jika lebih dari itu. Selain itu, odds ratio lebih tepat digunakan pada case control study meskipun pada prospective atau cross sectional study masih valid untuk digunakan. Hal ini dikarenakan pada case control study, risk relative tidak bisa dihitung sehingga sebagai pengganti menggunkan odds ratio sebagai pendekatan.

Dalam laporan hasil penelitian sebaiknya gunakanlah peluang dan relative risk (disertai dengan selang kepercayaan) karena mungkin akan lebih tepat dan  mudah dimengerti dalam interpretasinya. Lebih dari itu, pemahaman yang mendalam mengenai kasus yang sedang diteliti akan lebih memudahkan untuk memberikan interpretasi kepada pembaca.

Referensi

Agresti, A. (2002). Categorical Data Analysis Secound Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.

F., S. D. (2008, february). Making sense of Odds and Odds Ratio. Obstretics & Gynecology, 423-426.       (download Making.Sense.of.Odds)

Tagged with: , ,
Posted in Analisis Data Kategori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: