Selang Kepercayaan: Relative Risk

Dalam penjelasan mengenai selang kepercayaan untuk Relative Risk akan sama dengan selang kepercayaan untuk odds ratio baik penjelasan secara umumnya atau prosedur pencarian selang kepercayaannya, hanya berbeda pada saat mencari nilai standar error saja.

Suatu penduga (estimator)  yang didasarkan pada sampel tentunya memilki akurasi dalam menaksir parameter populasi. Akurasi dari penduga dilihat dari standar error  distribusi sampelnya. Semakin kecil nilai standard errornya semakian dekat penduga terhadap populasi. Begitu juga dengan relative risk dalam menduga hubungan dari populasi, nilai relative risk yang didapat dari sampel yang diambil bukan berarti tepat sama denga nilai relative risk dari populasi. Oleh karena itu, selang kepercayaan diperluakan untuk menambah analisis sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Secara sederhana jika selang kepercayaan 95 % mengandung nilai relative risk sama dengan 1 mengindikasikan adanya keterkaitan atau hubungan pada taraf signifikansi 5 %. Sebaliknya, bila tidak mengandung nilai 1 menunjukan tidak adanya hubungan pada taraf signifikansi 5 % dalam populasi.

Diketahui nilai dari relative risk berkisar dari 0 sampai tak hingga sehingga distribusinya tidak simetris atau bisa dikatakan lebih menceng ke arah positif. Supaya bisa mencari selang kepercayaannya, digunakan hasil transformasi logaritma natural (Ln) terhadap relative risk dimana nilai dari Ln(relative risk) ini akan bervariasi dari minus tak hingga sampai positif tak hingga. Dengan demikian akan memungkinkan kita menggunakan pendekatan distribusi normal dalam mencari selang kepercayaan relative risk.

1d

Jika nilai dalam sel pada tabel ada yang 0 (nol) atau mendekati 0 (nol) maka pada setiap sel diatambahkan 0,5 yang digunakan dalam penghitungan relative risk dan standard error pada selang kepercayaan.

Dari rumus diatas akan didapat selang kepercayaan dalam bentuk logaritma natural. Selanjutnya untuk mendapatkan selang interval yang berupa relative risk dilakukan tansformasi dengan menggunkan fungsi eksponensial

2d

Untuk lebih memudahkan pemahaman disajikan suatu contoh kasus sebagai berikut: Studi   dilakukan oleh Prof  D mengenai hubungan antara orang yang olah raga  dengan frekuensi mengalami sakit. Frekuensi sakit dikelompokan menjadi orang yang sering sakit dan jarang sakit begitu juga dengan olahraga yang dikelompokan menjadi orang yang sering berolahraga dengan orang yang jarang berolahraga . Datanya disajikan dalam tabel berikut (Dalam penelitian ini Prof  D menggunkan taraf signifikansi 5 %)

3d

 

4d

Hasil diatas dapat di interpretasikan sebagi berikut:

Nilai relative risk sebesar 0,581 berarti orang yang sering berolahraga memiliki peluang atau resiko 0,581 kali lebih kecil untuk sering mengalami sakit dibandingkan dengan orang yang jarag berolahraga. Untuk lebih menyederhanakannya, nilai risk relativenya bisa dibalik menjadi 1/0,581=1,721 sehingga interpretasinya berubah menjadi, orang yang jarang berolahraga memiliki resiko atau peluang  1,721 kali atau hampir 2 kali untuk sering mengalami sakit daripada orang yang sering berolahraga.  Nilai selang kepercayaan relative risk dari 0,472 sampai 0,715 mengindikasikan adanya hubungan antara aktivas olahraga terhadap frekuensi mengalami sakit  (pada taraf signifikansi 5 %) karena selang kepercayaannya tidak mengandung nilai 1.

Referensi

Agresti, A. (2002). Categorical Data Analysis Secound Edition. New Jersey: John Wiley & Sons.

http://sph.bu.edu/otlt/MPH Modules/BS/BS704_Confidence_Intervals/BS704_Confidence_Intervals8.html

Tagged with: , , ,
Posted in Analisis Data Kategori
2 comments on “Selang Kepercayaan: Relative Risk
  1. ida says:

    bisa minta filenya mbak..?

    • azzainuri says:

      maaf saya laki – laki, mungkin bisa dilihat identitas saya di About, maksudnya file untuk postingan ini? jika iya, insyaAllah saya kirimkan lewat email. Tapi jika referensinya yang dimaksud bisa di didownload di referensinya langsung, tapi hanya untuk referensi yang kedua saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: