Metode Statistik: Sebuah Arti

Metode statistik adalah prosedur-prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis, dan penafsiran data.  Metode tersebut terbagi dalam dua kelompok yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensia.

Sebuah angka yang terkumpul dalam data yang memberikan makna sebagai sebuah gambaran

Metode yang dapat menggali makna dari data.

Statistika deskriptif yaitu metode statistik yang hanya mempelajari bagaimana cara mengolah, menganalisa dan menyajikan data tanpa ada penarikan kesimpulan untuk memprediksi suatu kondisi secara umum, contohnya dengan penyajian tabel, diagram, grafik dan lainnya. Statistik deskriptif ini telah kita pelajari di matakuliah Metode Statistik I.

Statistik Inferensia mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data gugus induknya atau dengan kata lain, dari data yang ada, kita membuat generalisasi atau  menyimpulkan kemungkinan yang dapat terjadi berdasarkan data-data tersebut. Misalnya data curah hujan selama 30 tahun, jika rata-rata curah hujan pada bulan juli tahun ini adalah 3,4 cm, maka kita dapat membuat pernyataan bahwa bulan juli tahun depan curah hujan yang terjadi dapat berkisar antara 3,2 – 3,5 cm, sehingga  kita dapat meramalkan suatu kondisi berdasarkan data yang tersedia tersebut. Dikatakan ramalan karena inferensia bersifat tak pasti, yang ditegaskan dengan kata-kata diharapkan, kemungkinan, kira-kira, menyimpulkan bahwa, dan lain-lain. Sifat tak pasti dikarenakan kita mendasarkan pada informasi parsial yang diperoleh dari sebagian data.

Referensi

Walpole, R. E. (1995). Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tagged with: , ,
Posted in Metode Statistik
2 comments on “Metode Statistik: Sebuah Arti
  1. Ahmad Dahlan says:

    maaf numpang bertanya, Apakah perbedaan antara parameter dan statistik pada sample jenuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: