Kelemahan Data Panel

Suatu metode ataupun alat analisisnya biasanya mempunyai kelemahan tersendiri atau keterbatasan yang biasa disebut Limitation of Method. Begitu juga halnya dengan data panel, berikut beberapa kekurangan dara data panel:

  1. Masalah desain dan pengumpulan data panel. Permasalahan ini meliputi cakupan populasi yang menjadi obyek penelitian, nonresponse (disebabkan karena responden yang tidak mau diajak bekerja sama atau kesalahan yang dibuat oleh pewawancara), frekuensi wawancara,  kemampuan daya ingat responden dan periode yang menjadi acuan (frekuensi dan waktu wawancara).
  2. Kesalahan pengukuran, dapat terjadi karena kesalahan responden dalam mengingat, kesalahan pencatatan dan kesalahan pada saat wawancara seperti pertanyaan yang kurang jelas sehingga responden salah memahami.
  3. Dimensi waktu (time series) data sangat pendek. Jenis micro panel biasanya mencakup data tahunan yang relatif pendek untuk tiap individu. Jika demikian maka argumen asymtotic karakteristik data panel akan berkurang.
  4. Cross section dependence. Apabila jenis macro panel dengan unit analisis negara (wilayah) dengan deret waktu yang panjang mengabaikan cross section dependence maka akan mengakibatkan misleading inference
  5. Selectivity problem:
  • Self selectivity: masalah yang muncul karena data-data yang dikumpulkan untuk suatu penelitian tidak                 sepenuhnya dapat menangkap fenomena yang ada.
  • Non response: masalah yang muncul ketika ada ketidaklengkapan jawaban yang diberikan oleh responden                 biasanya responden rumahtangga), ketidaksedian responden untuk menjawab ataupun untuk diwawancara.
  • Atrition: jumlah responden yang cenderung berkurang pada survei lanjutan (responden mungkin meninggal,             pindah, atau biaya untuk menemui responden yang terlalu tinggi))

Setiap ahli ekonomi yang menggunakan

panel data atau jenis data lainnya

harus selalu menyadari bahwa setiap metode yang digunakan memiliki keterbatasan …

Daftar Pustaka

Baltagi, B. H. (2005). Econometric Analysis of Panel Data, Third Edition. The Atrium, Southern Gate, Chichester,West Sussex PO19 8SQ,England: John Wiley & Sons Ltd.

Tagged with: ,
Posted in Ekonometrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: