Interpretasi Koefisien Regresi

Dalam menginterpretasikan koefisien regresi berganda dapat  dilakukan langsung dengan mudah.  Misalkan dalam model dibawah ini, peningkatan variabel  X1 sebesar satu satuan akan meningkatkan variabel Y sebesar satu satuan dengan menganggap variabel lain dalam model yaitu X2 dan X3 konstan atau tetap.Konstan disini adalah tidak terjadi perubahan baik itu peningkatan maupun penurunan terhadap variabel X2 dan X3. Artinya nilainya tetap, bukan nol.

Model Regresi

sedangkan alpha atau intersep dapat diinterpretasikan sebagai nilai Y ketika semua variabel penjelas dalam model yaitu X1, X2, dan X3 bernilai nol . Akan tetapi, kita perlu berhati-hati dalam menginterpretasikan nilai dari intersep atau alpha. Terkadang, interpretasinya menjadi tidak masuk akal sehingga sebaiknya tidak diinterpretasikan. Cukup menginterpretasikan koefisien regresi penjelasnya saja. Lihat persamaan dibawah ini

Persamaan Konsumsi

Misalkan kita  menginterpretasikan koefisien intersep dari persamaan diatas, nilai konsumsi rumah tangga ketika variabel pendapatan dan inflasi sama dengan nol adalah minus 3,1 juta rupiah. Tentu ini tidak masuk akal untuk diinterpretasikan, tidak mungkin nilai konsumsi minus. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati dalam menginterpretasikan koefisien intersep.

DOWNLOAD PDF

Tagged with:
Posted in Ekonometrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: