Interpretasi Koefisein Regresi dalam Logaritma

Sebelum memulai cara menginterpretasikanya, akan diperkenalkan beberapa model yang menggunakan transformasi logaritam

Semilog

Ketiga model tersebut mempunyai cara yang berbeda dalam menginterpretasikan nilai koefisien regresi  dalam bentuk logaritam. Mari kita mulai dengan persamaan yang pertama

  1. Model Linier-Log

Interpretasi langsung dapat dilakukan dengan menyebutkan bahwa peningkatan nilai log X sebesar satu satuan akan meningkatkan nilai Y sebesar  satuan. Tentu ini akan sulit dimengerti, maka kita dapat melakukan interpretasi dengan cara yang lain, yaitu peningkatan X sebesar satu persen akan meningkatkan Y sebesar 0.01 . Dapat dilihat bahwa nilai  dikalikan dengan 0.01, untuk pembuktiannya dapat dilihat pada (Gujarati, 2003, hal 181-182) atau (Benoit, 2011, hal 3-4).

  1. Model Log-Linier

Sama halnya dengan model linier-log, interpretasi lansung dapat diungkapkan seperti peningkatan nilai X sebesar satu satuan akan meniningkatkan nilai log Y sebesar  satuan. Interpretasi yang lebih bermakna dapat dilakukan sebagai berikut, peningkatan X sebesat satu satuan akan meningkatkan nilai Y sebesar  100  persen. Dapat dilihat bahwa nilai dari  dikali 100 sehingga bentuk peningkatannya dalam persen atau pertumbuhan, pembuktiannya dapat dilihat pada (Gujarati,2003, hal 179-180) atau (Benoit, 2011, hal 4).

  1. Model Log-Log
    Untuk model ini dapat dinterpretasikan langsung dimana keduanya dalam bentuk persen. Peningkatan X sebesar satu persen akan meningkatkan nilau Y sebesar Pembuktianny dapat dilihat pada (Gujarati, 2003,hal 176) atau (Benoit,2011,hal 4).

Catatan: Logaritma disini merupakan logaritma natural, yaitu logaritma dengan basis e = 2,71828 (nilai e mendekati 2,71828).

Referensi

Benoit, Kenneth.(2011). Linear Regression Models with Logarithmic Transformations. Methodology Institute, London School of Economics.

Gujarati, D. N. (2003). Basic Econometrics (4th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies.

DONWLOAD PDF

Tagged with: ,
Posted in Ekonometrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: