Interpretasi Variabel Dummy pada Regresi Semilogaritma

Pada tulisan sebelumnya sudah kita bahas tentang interpretasi regresi logaritam dan semi logaritma. Jika variabel dependen atau penjelasnya dalam bentuk variabel dummy , maka terdapat perbedaan dalam menginterpretasikan  koefisien dummynya. Sebagai contoh, kita akan melihat model dan persamaan dibawah ini

Dummy Log

diamana Y = Tingkat upah per jam, D = 1 untuk perempuan dan D = 0 untuk laki-laki. Kita mengetahui bahwa nila koefisien beta 1 adalah nilia rata – rata dari tingkat upah untuk laki-laki dan beta 2 merupakan selisih antara nilai rata-rata upah perempuan dan laki-laki. Akan tetapi, interpretasi dari nilai antilog beta 1 dalam model semilogaritma adalah sebagai median. Jika nilai beta 1 dan beta 2 dijumlahkan kemudian dihitung nilai antilognya, maka akan didapat nilai median dari tingkat upah pekerja permpuan. Sama halnya juga jika kita menghitung antilog dari koefisien beta 1, maka akan didapat nilai median upah pekerja laki-laki.

Misalkan dari persamaan 2 didapat antilog dari 2,1763 adalah 8,813 dalam $, maka median upah dari pekerja laki-laki adalah 8,813. Antilog dari (2,1763-0,2437= 1,928) adalah 6,8796 dalam $. Disini dapat dilihat bahwa median upah dari  pekerja wanita lebih rendah dibandingkan dengan pekerja laki-laki. Jika dalam persen, maka median upah perempuan lebih rendah 21,63 persen dibandingkan laki-laki. Nilai tersebut didapat dari antilog -0,2437 yang kemudian dikurangi 1 dan dikali 100.

Catatan: Logaritma disini merupakan logaritma natural, yaitu logaritma dengan basis e = 2,71828 (nilai e mendekati 2,71828).

Referensi
Gujarati, D. N. (2003). Basic Econometrics (4th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies.

DOWNLOAD PDF

Tagged with: ,
Posted in Ekonometrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
%d bloggers like this: